KAMUS ONLINE

Jadilah Mitra Kami.Kami Produksi Barang Jadi Dari Karet

Grosir Tas Sekolah

Link Blog Friends

Selasa, 19 Mei 2009

Investasi Dan Asuransi (Unit Link Prudential)

Dari hasil browsing ke beberapa website saya menemukan bahwa banyak nasabah yang kecewa dengan Prudential dan Unit Link nya. Hal ini disebabkan karena ketidak mengertian nasabah dengan produk yang di belinya. Dalam hal ini kemungkinan besar juga kesalahan agent nya dalam hal menjelaskan.
Banyak Agent yang kejar setoran tanpa perduli dengan apa yang di jualnya. Sehingga terkesan memanipulasi nasabah. Dan pada akhirnya kekecewaan yang seharusnya tidak terjadi timbul. Hampir seluruh kasus yang ada di surat pembaca berbagai media mengenai hal ini.
Unit Link adalah sebuah produk gabungan dari Asuransi dan Investasi yang salah satunya dikeluarkan oleh Prudential. Asuransi adalah sebuah bisnis pengalihan resiko dimana nasabah diharuskan membayar sejumlah uang yang disebut premi.
Dengan di bayarkan nya premi tersebut maka nasabah akan mendapatkan perlindungan baik kesehatan dan Jiwa. Banyak orang berpikir ikut asuransi adalah suatu hal yang merugikan. Memang secara financial bila anda selalu sehat dan tidak memerlukan biaya pengobatan yang besar tentu saja anda rugi sekali menjadi nasabah sebuah perusahaan asuransi.
Yang Ditanggung Oleh Asuransi
Harap di perhatikan bahwa asuransi manapun tidak akan menanggung orang yang telah sakit. Atau menderita penyakit tertentu dan mendaftar sebagai nasabah lalu meng-claim biaya pengobatan atas penyakit tersebut kepada perusahaan asuransi.
Asuransi hanya menerima mereka yang sehat. Dalam hal ini Prudential memiliki kebijakan sendiri yaitu untuk jenis jenis penyakit tertentu anda baru bisa claim setelah 3 (tiga) bulan dari terbit nya polis asuransi.
Biaya Asuransi
Biaya asuransi atau premi tetap di bayarkan seperti halnya dalam asuransi biasa. Uang anda tidak seluruh nya murni untuk investasi. Sebagai contoh bila anda menbayar sebesar Rp 1.000.000,- (Satu juta rupiah) tidak seluruh nya untuk investasi. Bahkan dalam banyak kasus sebagian besar uang anda adalah untuk pembayaran premi.
Berapa besar jumlah premi asuransi dan investasi perbandingan nya adalah 100% hak nasabah untuk menentukan nya. Biasanya nasabah disarankan untuk menetapkan 70:30 dimana 70% untuk premi asuransi dan 30% untuk investasi.
Jadi dalam contoh diatas bila anda berencana membayar Rp 1.000.000,- per bulan maka anda hanya berinvestasi (baca: menabung) Rp 300.000,- per bulan nya. Dalam jangka pendek bila anda ingin menarik kembali investasi anda tentu saja hal ini sangat merugikan nasabah.
Dalam 1 tahun nasabah telah menyetorkan sejumlah Rp 12.000.000,- (Dua Belas Juta Rupiah) sedangkan investasi yang dapat ditarik hanyalah berkisar Rp 300.000,- x 12 = Rp 3.600.000,- di kurangi biaya biaya akuisisi, dan pajak.
Unit Link tidak di design untuk tabungan jangka pendek. Unit Link di design hanya supaya anda memiliki nilai return atas pembayaran premi asuransi anda di masa yang akan datang. Cocok bila anda memiliki rencana jangka panjang, 10 - 20 tahun.
Dengan menjadi nasabah Unit Link anda berarti meng-cover diri anda dengan Asuransi Kesehatan dan Jiwa. Anda tidak perlu khawatir memikirkan biaya untuk pengobatan anda bila anda sedang sakit. Ingat biaya ini bisa menjadi begitu besar sampai sampai diluar kemampuan anda.
Set Goal Anda
Jadi disini anda diharapkan untuk menetapkan apa yang anda inginkan dalam 10-20 tahun kedepan. Apakah itu pendidikan anak, Wiraswasta, Pensiun Dini ataupun lainnya. Lalu tetapkan berapa anda ingin menabung setiap bulan nya. Hasil yang anda dapatkan dalam 10 tahun tidak akan jauh berbeda dengan bila anda menabung di Bank. (Unit Link biasanya lebih tinggi)
Sementara itu selama anda menabung bahkan sesudahnya anda juga secara otomatis tercover oleh asuransi kesehatan dan jiwa. Anda tidak perlu pusing bila suatu saat anda harus menghabiskan sejumlah biaya untuk kesehatan anda.
Sumber: Intilink.net by.Steward.W

6 komentar:

provestasi mengatakan...

Informasi yg bagus, pastinya berguna untuk masyarakat Indonesia umumnya, terutama yg masih 'alergi' dengan yg namanya asuransi. Semoga ke depannya rakyat Indonesia bisa lebih menghargai dirinya dengan ikut asuransi. Apalagi dengan produk Asuransi Unit Link, mereka secara otmatis bisa berinvestasi untuk bekal masa pensiun.

Anonim mengatakan...

tunjukkan bukti nyata, yg bukan sekedar cerita seperti kerjaan agent2, kalau memang benar2 menguntungkan,

Anonim mengatakan...

Sebagus apapun Informasi harus lah Up to Date supaya tidak menyesatkan...

saat unitlink turun pasti banyak yg kecewa.. sy yakin penulis diatas cuman lihat dari sisi rendahnya..

nah klo skrg unit link lebih tinggi dari tahun2 sebelumnya... harusnya postingan diatas harus di Update lagi..

info lebih lengkap perihal unit link Prudential lihat di:
http://www.prudential.co.id/pruweb/pop_unitprice.php?lang=en&type=table&fund=PREF&start_m=1&start_y=1999&until_m=8&until_y=2011

Anonim mengatakan...

Yang perlu diperhatikan dalam investasi di unitlink adalah, nasabah juga bisa menentukan pilihan investasi yg diinginkan, ada jenis pilihan dasar: equity fund, fixed income fund, cash fund.
1. Equity : investasi akan dialokasikan di saham2 tapi yang berkualitas alias bluechip (high risk, high return).
2. Fixed : investasi akan dialokasikan di obligasi.
3. Cash fund : investasi akan dialokasikan ditempat aman (low risk, low return) seperti deposito, Sertifikat Bank Indonesia.
Dan yang paling utama adalah, semua investasi nasabah di kelola oleh Perusahaan Asset Management yang handal. Semua investasi di lakukan oleh orang2 yg ahli dalam bidang investasi (manager investasi).
Tidak ada kecurangan2, semua dilakukan dengan profesional dan yang terbaik diberikan utk nasabah2.

asuransi prudential mengatakan...

Prudential saat ini merupakan perusahaan asuransi jiwa terdepan di Indonesia, di mana lebih dari 90 persen portofolionya merupakan produk unit link, baik konvensional maupun yang berbasis syariah. Kontribusi produk unit link premi reguler tercatat di atas 90 persen dari total penjualan unit link Prudential sampai saat ini.

Anonim mengatakan...

saya adalah agen resmi prudential, saya bisa membuatkan porsiinvestasi 80% dan asuransi 20%. nasabah saya banyak yg diuntungkan, utk info lbh lanjut silahkan hub saya di 085624949213 viky.

 

template by : uniQue Template | modified by : Owner blog