KAMUS ONLINE

Jadilah Mitra Kami.Kami Produksi Barang Jadi Dari Karet

Grosir Tas Sekolah

Link Blog Friends

Selasa, 19 Mei 2009

INVESTASI BIAYA PENDIDIKAN, BAGAIMANA BAIKNYA?

INVESTASI BIAYA PENDIDIKAN, BAGAIMANA BAIKNYA?
Oleh: Ahmad Gozali(http://www.perencanakeuangan.com/)
Dikutip dari Republika, 15 Februari 2009

Assalamualaikum Wr Wb
Mas Gozali yang semoga selalu dirahmati oleh Allah SWT, saya mohon saran Anda. Saya telah menikah dan alhamdulillah telah dikaruniai seorang orang anak dan insya Allah akan dua sekarang.Setelah membaca bebrapa rubrik tentang perencanaan keuangan untuk pendidikan anak, saya dan istri berencana utk merealisasikan investasi pendidikan untuk anak kami. Mengingat semakin mahalnya biaya pendidikan dari tahun ke tahun. Namun, kami masih bingung antara memilih investasi dengan asuransi pendidikan syariah, yang ditawarkan oleh Prudential misalnya, dengan investasi pendidikan dengan emas seperti di Pegadaian Syariah.Mohon Mas Gozali bisa memberikan pencerahan lebih pada kami. Atas saran dan jawabannya kami ucapkan banyak terima kasih.Wassalamualaikum wr wb
Jawab.
Waalaikumussalam Wr Wb. Dana pendidikan anak memang sebaiknya dipersiapkan sejak jauh hari agar lebih mudah dan murah. Dengan begitu, ketika anak masuk sekolah, dananya sudah siap dan tidak perlu pusing lagi cari pinjaman kanan-kiri.Ada banyak produk yang bisa digunakan untuk menyiapkan dana pendidikan anak, namun sebelum memilih produk sebaiknya Anda melakukan sedikit perhitungan. Yaitu menghitung berapa biaya pendidikan yang akan diperlukan oleh anak-anak Anda kelak. Dengan begitu, ketika membeli produk Anda tidak salah pilih dan memang sesuai dengan kebutuhan.
Cara menghitungnya cukup mudah, untuk anak yang baru lahir sekarang, masuk SD nanti butuh biaya kira-kira 2 kali lipat dari biaya masuk SD sekarang. Untuk masuk SMP, biaya yang diperlukan kira-kira 4 kali lipat dari biaya SMP sekarang. Untuk masuk SMA, biaya yang diperlukan adalah 6 kali lipat. Dan untuk masuk kuliah, biayanya menjadi 8 kali lipat dari biaya sekarang. Nah, Anda tinggal perkirakan saja sekolah favorit Anda sekarang ini dan kalikan dengan rumus di atas. Jadikan angka ini sebagai angka target investasi Anda. Sekarang mana yang dipilih, investasi emas atau unit link (Prudential)?
Saya jelaskan dulu satu per satu pilihannya. Unit link adalah produk asuransi plus investasi. Artinya Anda tidak hanya melakukan investasi, tapi juga harus membeli asuransinya juga. Kalau Anda sekarang belum punya asuransi apa pun, dan tidak mau repot beli asuransi dan investasi secara terpisah, silakan pertimbangkan produk ini. Buat apa sih asuransinya? Begini, kalau Anda investasi secara rutin dan segalanya berjalan lancar, insya Allah dana pendidikan tersedia pada waktunya.
Tapi, bagaimana jika Anda (mohon maaf) meninggal dunia sebelum anak Anda masuk kuliah, misalnya. Sebab, kita tidak tahu sampai kapan kita hidup, maka sebaiknya kita membuat juga rencana cadangan atau antisipasinya. Dengan adanya asuransi, kalaupun Anda meninggal dunia atau cacat tetap, maka perusahaan asuransi akan meneruskan preminya, atau memberikan santunan yang bisa dijadikan sebagai dana pendidikan. Itulah manfaat asuransinya.
Tapi, karena Anda bukan hanya berinvestasi, tapi juga beli asuransinya, maka wajar saja kalau Anda harus bayar lebih mahal untuk produk ini. Dari premi yang Anda bayarkan, sebagian masuk sebagai premi asuransi, dan sebagian lagi dijadikan sebagai setoran investasinya. Saran saya, coba bawa hitung-hitungan di atas, dan berikan angkanya pada agen asuransi tersebut.Dan, minta mereka untuk membuatkan proposal unit link dengan target dana yang sudah Anda hitung tersebut. Kalau preminya masih sanggup Anda bayar, silakan beli produk ini.
Tapi, kalau preminya menjadi terlalu mahal, mungkin Anda perlu alternatif produk atau strategi lainnya.Kalau Anda mau investasi dengan emas, dan salah satunya bisa dilakukan di Pegadaian, maka kita perlu kenal dengan karakteristik emas. Harga emas cenderung stabil nilainya, dalam arti ia akan naik kalau inflasi tinggi dan bisa dibilang ini adalah produk anti inflasi. Artinya, harga 1 gram emas sekarang bisa untuk beli barang yang jumlahnya sama di masa depan juga dengan 1 gram. Jadi, kita tidak perlu menghitung biaya di masa depan, cukup hitung saja dengan harga emas.
Contohnya begini, biaya masuk SD X setara dengan 5 gram emas, SMP & SMA Y setara dengan 15 gram emas, dan Universitas Z setara dengan 100 gram emas misalnya.
Kalau begitu Anda tinggal hitung dengan mudah. Masuk SD tahun lagi butuh biaya 5 gram emas, berarti perlu beli 1 gram emas per tahun untuk 1 orang anak. Dan begitu seterusnya Anda akan punya perkiraan berapa gram emas yang perlu dibeli setiap tahunnya.Kesimpulannya, kalau nggak mau repot beli asuransi dan investasi secara terpisah, silakan pertimbangkan unit link.
Ada banyak pilihan investasi di unit link, karena anak-anak Anda masih kecil, silakan pilih yang berisiko tinggi tapi juga bisa memberikan hasil tinggi. Ingat, selalu ada risiko, jangan anggap investasi ini dijamin atau tidak mungkin turun. Tapi kalau Anda sudah punya asuransi, sebaiknya jangan beli ini karena Anda harus beli asuransi yang sebetulnya tidak perlu.
Tapi kalau Anda tidak mau repot menghitung, beli emas dan simpan, atau beli cicil di Pegadaian. Kelemahannya adalah, pergerakan harga emas cenderung stabil tidak terlalu tinggi, dan jarang sekali turun harganya. Tapi ingat, Anda tetap perlu beli asuransi jiwa secara terpisah untuk mengantisipasi kalau ada apa-apa sebelum dana pendidikannya terkumpul semua.
Sahabat..
Semoga hari ini menyenangkan untuk kita semua. Dari Ilustrasi di atas dapat kita simpulkan..Selama ini kita mengenal 2 cara orang menabung yakni;
1. Menabung di bank Pak X menabung di bank, setiap bulan Rp 500 ribu. Tujuannya untuk tabungan anaknya dan dana pensiun. Tapi pada bulan ke -5, tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (penyakit jantung). Dokter minta disediakan uang Rp 100 juta untuk operasi. Dapatkah pak X membayar biaya dokter dan setelah itu melanjutkan tabungannya?
2. Menabung di Bank + ambil Asuransi Jika kejadiannya seperti diatas, asuransi akan memberikan uang sebesar Rp 100 juta untuk berobat. Tapi masalahnya belum selesai, bagaimana dengan nasib tabungannya untuk anaknya dan dana pensiun. Dapatkan pak X yang sakit bekerja optimal meneruskan tabungannya?
Saya ingin memberikan cara lain menabung yakni;
3. Menabung 2 in 1 Jika kejadiannya seperti di atas, maka dengan menabung di 2 in 1 pak X akan mendapat uang berobat Rp 100 juta dan tabungannya akan diteruskan setiap bulan sampai umur 65 tahun, pak X tak perlu menabung lagi. Sehingga pada umur 65 th pak X mendapat uang senilai tabungannya. Di rekening 2 in 1, perusahaan juga akan memberikan santunan;- sakit kritis (jantung, stroke dll)- catat tetap- meninggal/ kecelakaan- biaya rumah sakit.
Apabila anda tertarik membuka rekening 2 in 1, dan ingin mengetahui produk ini lebih detil, anda dapat menghubungi:
Achmad Yani. H
0815-11192998
021-962 932 91
YM. yayan_ar

1 komentar:

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

 

template by : uniQue Template | modified by : Owner blog